Antologi Baru Aulia Manaf; Senjakala Radio (Celoteh Nostalgia Beragam Rasa) Merupakan Antologi ke 4 Sebagai Project Leader

Senjakala Radio 
(Celoteh Nostalgia Beragam Rasa)



Ide Awal Antologi Senjakala Radio
    
    Sebenarnya ide menulis buku antologi tentang radio sudah ada sejak sebelum pandemi. Tapi keduluan ide-ide buku lain dan novel yang harus terbit. Akhirnya antologi Senjakala Radio harus dipendam sementara. Tapi saya tetap yakin suatu saat buku antologi ini harus terwujud sebagai persembahan rasa terima kasih saya kepada dunia yang telah membesarkan saya selama 15 tahun di dunia penyiaran-sampai saya menemukan passion saya di dunia menulis yang notabene adalah berawal dari menulis skrip siaran setiap hari. 

    Akhirnya saya benar-benar bertekad menulis antologi yang ke empat ini (setelah Unboxing Soulmate, Tak Kenal Maka Tak Sesal dan Di Batas Logika). Antologi yang saya gagas ini masih kisah nyata dan masih memberi kesempatan kepada penulis baru untuk berekspresi mengerahkan seluruh kemampuan maksimalnya. Walhasil, ya bisa dinikmati dalam buku ini. Seru dan mengesankan. 

    Tujuan Buku Ini 

    Informasi awal dari buku ini, bertepatan dengan Hari Radio Sedunia 13 Februari 2023. Tentu saja menjadi moment yang tak terlupakan, bahwa masih banyak orang-orang cinta sama radio dan ingin berbagi cerita untuk dibaca para pencintanya dan generasi yang akan datang-yakni anak cucu kita supaya tahu bagaimana kisah media audio yang tertua di dunia ini. Bahwa radio adalah media yang sangat berjasa pada saat masa kemerdekaan Indonesia. 

    Event Nubar ini, saya kasih judul Markinul (Mari Kita Nulis) buku antologi yang berkesan tentang radio dan bisa kita kenang sepanjang masa. Akhirnya saya buatkan konsep dan tema penulisan, kapan tenggat waktu pengumpulan naskah, bagaimana konsep marketingnya dan lain sebagainya. Dan hasilnya terkumpul 24 naskah cerpen dari 23 penulis kontributor. 

    23 Penulis Bernostalgia

    Apa jadinya kalau pendengar dan penyiar radio berkumpul jadi satu dan bernostalgia tentang media yang dicintai ini? Tentu bisa ditebak rame banget! Dan saya tidak menyangka akhirnya sesuai dengan target, 11 penulis adalah penyiar, sisanya 12 penulis gerombolan pendengar radio. Ini suatu berkah indah bahwa ada cerita seimbang dari dua sudut pandang yang berbeda. 

    Ada beragam kisah yang ditulis dalam buku ini, sebab saya bebaskan untuk menulis apa pun yang sekiranya menarik untuk dibagikan ke pembaca. Mulai kisah serunya awal siaran, patah hati seorang pendengar radio yang kopdar, sampai ada juga penyiar yang menjadi makcomblang atau bahkan penyiar yang jatuh cinta sama pendengarnya. 

    Masa Prapesan Buku "Senjakala Radio"

    Pertengahan bulan Juli kemarin sudah dibuka prapesan buku ini sampai 5 Agustus 2023. Jadi jangan dilewatkan ya. Ada bonus menarik juga, pembatas buku dan souvenir gantungan kunci sekaligus magnet dan pembuka tutup botol. Asyik, kan? 

  









    Untuk pemesanan, bisa di saya langsung atau di Penerbit Jagat Litera. Jangan lupa follow akun instagram @senjakalaradio, ya!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.