Aulia Manaf, Menulis Romansa Sederhana Namun Sarat Makna. Novel Lonely Star (Ketika Rasa Kembali Berpendar)

Proses Penulisan 
    Tiada yang lebih menyenangkan daripada mendapatkan kabar bahwa karya kita akan diterbitkan. Sebab tidak menunggu lama bahwa naskah kita akan bertemu dengan pembacanya. Tulisan kita akan menjadi milik publik dan bersiap mendapatkan kritik atau komentar positif. 
     Novel Lonely Star (Ketika rasa kembali berpendar) adalah novel ke dua saya setelah Hidden Love (Sekuat apa kau sembunyikan cinta) yang tebit tahun lalu dari Penerbit Jagat Litera (Malang). Sedangkan novel Lonely Star, faktanya adalah saya tulis sejak awal tahun 2019 selama sekitar 3 bulan, lalu saya kirimkan ke Penerbit Andi (Yogyakarta) dan masuk imprint fiksi Sheila Publisher, dan keburu ada pandemi yang membuat banyak penerbitan vakum menunggu kondisi kembali stabil. 
     Walhasil naskah Lonely Star harus “tertidur” selama hampir 3 tahun. Pada 2020 saat covid melanda, saya mencoba untuk menulis Hidden Love di platform digital Storial.co. Dan akhirnya pada pertengan 2021, Hidden Love diterbitkan oleh Jagat Litera saat ada Sayembara menulis novel, dan beruntung novel ini diterbitkan gratis. 
                                             
 
Konsep cerita 
       Novel Lonely Star, konsepnya adalah novel teenlit (novel genre remaja) dan dewasa muda dengan tema romance sederhana namun sarat makna. 


     Saya berusaha juga untuk menjadikan novel ini sebagai bacaan ringan yang bisa dibaca sekali duduk, supaya remaja tidak bosan membaca kisah cinta yang “berat”. Dan pastinya sebagai writerpreneur saya berusaha semaksimal mungkin membuat konsep marketing yang semoga saja novel ini bisa diterima oleh lebih banyak pembaca. Saya membuat akun di Instagram @novel.lonelystar, supaya calon pembaca tahu lebih banyak tentang novel ini sebelum membelinya. 
       Novel ini tentang makna kehilangan, keikhlasan dan dilema pilihan hidup yang dikemas dalam cerita yang lebih kekinian dengan beberapa setting cerita di sebuah lereng gunung Welirang di Kabupaten Pasuruan. 

 Blurb Novel Lonely Star 
    Dinda, sosok yang kesepian di tengah kehancuran segala mimpinya. Tapi benarlah kalau ada yang bilang bahwa ketika kita kehilangan, Tuhan sudah menyediakan gantinya. 
   Dinda bertemu dengan Bagaskara. Tapi di sisi lain Bagaskara harus bersaing dengan orang yang sangat dihormati. Hanya ada satu pertanyaan Dinda kepada Bagas, apakah ada alasan untuk menolak lelaki baik itu? Dia tak bisa menjawab. Hanya Dinda yang bisa memilih. 
   Tapi tentu saja Bagas nggak jawab dengan “Kamu nenyee? Kamu nenyee alasan kepadaku?” Hehehee… Itu kan Dilan KW yang sedang trend. 

                                                


 Konsep Writerpreneur 
      Tentu tidak mudah membuat buku berkonsep writerpreneur. Tapi sebenarnya sudah saya pelajari saat mengikuti Workshop Writerpreneur Accelerate 2019 di Surabaya yang diadakan oleh Bekraf (Badan Ekononomi Kreatif). Buku yang saya tulis, tentu saja sudah kita tentukan konsepnya, tema apa, siapa pembacanya, bagaimana konsep covernya (ilustrasi cover, font, judul, tagline, dll), layout, sampai konsep marketingnya. Semua harus dipikirkan baik-baik sebab akan berpengaruh pada keseluruhan kemasan yang akan kita persembahkan kepada pembaca. Minimal penulis harus percaya diri dengan karyanya dan bangga bahwa karyanya bisa bermanfaat untuk banyak orang. 
    Dan saya juga terus berusaha untuk memperkenalkan karya ini ke khalayak dengan cara promo di social media dan media elektronik speperti radio. Beberpa hari lalu juga sempat siaran live streaming di RRI Pro 2 Yogyakarta. 

                                            


         Makanya untuk promo buku ini, saya memberikan beberapa bonus kepada pembaca, diantaranya; Gantungan kunci eksklusif dari bunga pinus asli lereng Gunung Welirang, cangkir enamel eksklusif dengan print cover Lonely Star, juga Free ongkir P. Jawa dan tanda tangan penulis (khusus untuk 50 pemesan pertama). Menarik, bukan? 

                                        


        Yuk, buat kalian remaja yang butuh hiburan, sekaligus motivasi inspiratif, silakan baca novel ini yang memberikan banyak makna hidup. Novel ini membuat kita lebih bersyukur dalam segala hal, tidak mudah putus asa dan bangkit dari gagal. Selamat membaca!

                                        

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.