Antara Mualaf, Endors dan Bisnis

Juli 01, 2019

Bisa jadi seorang Deddy Corbuzier sudah memprediksi, bagaimana dampaknya setelah dia menjadi mualaf. Ternyata memang benar, setelah mualaf, puluhan Travel Agency langsung menawarinya Umroh dan Haji gratis. Tapi saya salut, ternyata Deddy menolak baik-baik dengan alasan “Masih banyak mereka yang lebih membutuhkan ‘gratis’ dibanding saya, lebih pantas dibanding saya. Insya Allah suatu saat saya pergi umroh tidak merepotkan siapapun.” Sungguh ini jawaban elegan, tanpa ada sebersit kesombongan di sana.

Deddy Corbuzier saat di Youtube Ricis Official 

Bisa dibilang industri gaya hidup yang berhubungan dengan religius (dalam hal ini Muslim) memang luar biasa melesat. Mulai dunia fashion, dunia pendidikan (sekolah Islam), Hotel syariah, Bank syariah, sampai industri film (Islami). Lalu apa hubungannya dengan seorang publik figur bernama Deddy Corbuzier? Kenapa sebegitu antusiasnya orang ingin tahu apa saja tentang dia, dan kabar mualafnya ditonton banyak orang di Youtube? Semua orang penasaran, bagaimana awalnya dia tertarik Islam, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang masuk di komentar akun Instagramnya. Sungguh luar biasa perhatian para Netizen.
Lalu apa hubungannya Mualaf dan Travel Agency? Jawabannya adalah bisnis. Deddy yang seorang public figure dan Motivator laris, pasti sangat menarik perhatian masyarakat ketika dia menerima endors dari agen travel. Otomatis Deddy menjadi seorang Marketing dari agen travel tersebut. Untunglah Deddy menolak dengan baik tawaran menarik itu. Kecuali ada syaratnya, “atau gimana kalau yang ngasih saya gratis, saya minta tambah 10 lagi buat (orang) yang tidak mampu. I think it’s great idea..”, kata Deddy. Memang ide yang menarik, tapi apakah akan ada travel yang bersedia? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.
Sense of business memang penting. Tapi jangan terlalu liar juga. Jangan mentang-mentang ada figur yang ngetop, langsung diajak endors tanpa melihat apakah si selebritis memang compatible dengan produk tersebut. Orang yang melakukan umroh atau haji, tidak saja tahu dan paham bagaimana tata cara ibadah, syarat rukunnya, tapi juga tahu doa-doa yang dibaca. Dan seorang Deddy, memang masih  baru belajar sholat dan bacaan sholat. Bisa jadi beberapa bulan ke depan baru akan melaksanakan Umroh atau tahun depan, mungkin. Kecuali kalau Deddy membuat Travel Agent sendiri, dia bisa berangkat umroh sesering dia mau. Dijamin banyak muslim yang antusias Umroh bareng Deddy Corbuzier dengan pembimbing Gus Miftah. Bagaimana menurut teman-teman?       

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.